Senin, Juni 29, 2009

JADWAL VERIFIKASI ISL

Bekal Jeda Lama
koncomacan - Jeda kompetisi yang cukup lama rupanya akan coba dimanfaatkan BLI untuk memberikan asistensi kepada klub-klub pendatang baru di ISL musim depan. Tiga klub promosi seperti Persisam, Persema, dan PSPS diharapkan mulai mempersiapkan diri.
“Rencananya pada 14 Juli kita akan memberikan asistensi dan meninjau langsung kesiapan tim-tim itu,” tutur Joko Driyono, Direktur Kompetisi BLI. Berbekal jeda kompetisi yang lama, diharapkan klub pun bisa memperbaiki sarana agar lolos verifikasi. Namun, soal verifikasi, Joko akan berusaha fair sehingga tak ada kecemburuan bagi klub lain.
Ketua BLI, Andi Darussalam, juga memastikan BLI akan segera memverifikasi tim yang naik kasta di ISL, Agustus. “Prioritas kami tentu tim yang naik kasta dulu, baru tim yang bertahan. Saya pastikan tim yang tak bisa memenuhi syarat profesional, wasalam,” ketus Andi, yang tak mau lagi menanggapi soal rumor penambahan jumlah peserta ISL. “Bagi klub lama, jangan merasa masih berada di ISL kemudian aman. Kalau tidak lolos verifikasi tahun kedua, maka klub play-off yang akan diprioritaskan naik menggantikan,” tambah Andi.
Sayang, ia tak mau menegaskan apakah tim-tim “musafir” seperti Persitara atau PSMS, yang selama ini tidak memiliki stadion sendiri, masih bisa diskualifikasi. (red/agus ef)
Agenda Politik
Tak Acuhkan Gersapu

Gerakan satu putaran (gersapu) yang dicanangkan pendukung pasangan capres-cawapres SBY-Boediono dalam pilpres tahun ini rupanya tak dipedulikan PSSI dan BLI. Apa pun hasil pilpres, kompetisi rencananya akan tetap digelar Oktober mendatang.
Ini terjadi bukan lantaran Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid, dikenal sebagai pendukung pasangan JK-Wiranto, yang notabene menolak gersapu. Namun, alasan yang diajukan semata-mata teknis pelaksanaan kompetisi saja.
Ketua BLI, Andi Darussalam Tabusala, berjanji akan melaksanakan kompetisi sesuai dengan rencana awal Oktober 2009. “Berapa pun putaran pilpres tak berpengaruh, rencana Oktober running kompetisi tetap dijadwalkan. Yang penting tidak ada kejadian seperti di Iran saja,” ujar Andi.
Jika pilpres selesai satu putaran, paling tidak pada Agustus kondisi politik dan keamanan relatif lebih kondusif bagi terlaksananya pertandingan sepak bola. “Bukan itu saja perhatian kami, tetapi juga persiapan klub yang tentunya tak bisa dipaksakan harus bisa selesai pada bulan Agustus atau September nanti,” ujar Joko Driyono, Direktur Kompetisi BLI.
Praktis, karena istirahat sekitar empat bulan, jeda kompetisi antarmusim di Indonesia tergolong sangat lama. Bandingkan dengan kompetisi Eropa, yang maksimal hanya tiga bulan mengistirahatkan kompetisi. (red/agus ef)
Jadwal Pelatnas Timnas
Benturan Kepentingan

Aral yang mengganggu jadwal kompetisi Liga Super musim 2009/2010 rupanya tetap segunung. Meski sudah tak ada lagi agenda pemerintah seperti pemilu legislatif dan pilpres, bahkan di luar bulan puasa, keberlangsungan jadwal kompetisi tetap akan riskan. Hal ini terkait agenda timnas yang rupanya menyita pemain.
Lihat saja, guna mempersiapkan diri mengikuti SEA Games 2009 di Laos, 3-17 Desember, timnas U-23 menggelar pelatnas jangka panjang sejak Agustus. Hal sama juga dilakukan timnas senior yang terjun di Pra-Piala Asia 2011 pada 14 dan 18 November serta 6 Januari dan 3 Maret mendatang.
Timnas senior hanya akan melepas para pemain kembali ke klub dan berkompetisi mulai 19 November-15 Desember. Pada 16 Desember, mereka mengikuti pelatnas lagi hingga partai melawan Oman, 6 Januari.
Hal ini juga diberlakukan untuk pertandingan terakhir melawan Australia, meski sifatnya masih tentatif. Maklum, jika partai terakhir itu masih menentukan, maka timnas akan tetap menggelar pelatnas di bulan Februari. Sebaliknya jika tak menentukan lagi, maka pelatnas melawan Australia hanya berlangsung seminggu.
Sebenarnya BLI sempat mengusulkan untuk menggelar pelatnas jangka pendek. Namun, BTN tak mau lantaran persiapan dinilai kurang maksimal dan hasil timnas pun bakal jeblok. Apalagi pelatnas dengan sistem pemain keluar-masuk timnas dan balik ke klub jika main jelas ditolak pelatih Benny Dollo.
Pasalnya pada 2000 pelatih timnas ini punya pengalaman buruk dengan model seperti itu. “Kita sudah punya pengalaman buruk kalau persiapan hanya satu minggu. Pemain kita punya kelemahan, terutama ketahanan fisik, sehingga kita perlu lama untuk mempersiapkan itu,” tutur Rahim Soekasah, Ketua BTN.
Timnas U-23
Sementara itu, penegasan serupa juga datang dari timnas U-23. Semua pemain timnas tak boleh ikut kompetisi sejak Agustus nanti. “Ini tim baru dengan pelatih baru dan cara main mereka yang baru. Padahal timnas U-23 ini ditargetkan lolos ke final, jadi mau tak mau persiapan harus panjang agar maksimal,” papar Rahim.
Sebagai ilustrasi, hasil buruk mendera timnas U-23 kala dipersiapkan dalam waktu pendek seperti pada uji coba di Iran, Malaysia, dan Singapura lalu. Pengalaman inilah yang dihindari BTN dan pelatih timnas U-23, Cesar Payovich.
Konsep pelatnas jangka panjang ini pun membuat kompetisi nanti menjadi penuh tanda tanya. Terutama soal kualitas lantaran banyak pemain timnas tak bisa memperkuat klub. “Ini harus dipikirkan jangan sampai kualitas kompetisi malah turun karena hal itu,” ujar Joko Driyono, Direktur Kompetisi BLI.
Bagi pemain, seperti Ponaryo Astaman, tentu ini menjadi masalah karena mungkin akan ada klub yang tak mau mengontrak mereka atau menerapkan aturan kontrak tersendiri jika pemain bermain di timnas dalam jangka waktu lama.
Bagi klub, mereka menginginkan kejelasan sejak awal siapa saja pemain yang terpanggil ke timnas. Ini perlu agar mereka tak “terjebak” lantaran mengontrak banyak pemain timnas yang akhirnya mubazir dan tak bisa turun dalam kompetisi. Pengumuman pemain timnas rencananya digelar mulai akhir Juli nanti sehingga klub bisa mencari komposisi pemain yang aman antara pemain timnas dan nontimnas. (red/agus ef)
AGENDA TIMNAS
SEA Games 2009 3 – 17 Desember
Pra-Piala Asia
14 Nov 2009 Kuwait vs Indonesia
18 Nov 2009 Indonesia vs Kuwait
06 Jan 2010 Indonesia vs Oman
03 Maret 2010 Australia vs Indonesia
JADWAL PELATNAS
Timnas U-23 1 Agustus- hingga 2 Desember
Timnas Senior
Tahap I : 1 Oktober- hingga 18 November
Tahap II: 15 Desember- hingga 6 Januari
Tahap III: 10 Februari- hingga 3 Maret (tentatif)
Kepentingan Klub
Masih Coba Menawar
Menyikapi agenda pelatnas timnas U-23 maupun senior pada akhir tahun ini, wakil manajer Sriwijaya FC, Hendri Zaenudin, merasa tak perlu mempermasalahkan. Ia cukup paham perjuangan timnas pada SEAG di Laos nanti memang perlu dukungan penuh.
Namun, ia berharap PSSI dan BLI bisa bersikap fleksibel soal penggunaan pemain. Hendry tak setuju jika PSSI menerapkan aturan baku bahwa pemain yang dipanggil timnas tidak bisa digunakan klub yang bersangkutan.
“Saya menyadari bahwa timnas adalah sebuah konsekuensi membela negara. Kepentingannya jauh lebih besar dibanding klub. Tapi, ada baiknya PSSI tidak menutup pintu negosiasi apabila klub sedang membutuhkan pemain pelatnas,” kata Hendri.
Ia mengakui Sriwijaya FC tidak akan mengutak-atik Dede Sulaiman (kiper) serta Tony Sucipto, yang namanya masuk dalam timnas U-23, jika klub asal Palembang ini dalam kondisi normal.
“Tapi jika kondisinya mendesak, di mana ada pemain cedera atau terkena hukuman akumulasi kartu, sementara pertandingan yang dijalani cukup krusial, maka kami berharap bisa meminjam sebentar tenaga pemain. Itu pun jika jadwal di timnas masih latihan,” ucapnya.
Alasan yang diajukan memang rasional. Namun, jika semua klub meminta hal sama, tentu akan berdampak pada keutuhan timnas selama pelatnas.
Kepentingan Klub
Manajemen Persisam, Aidil Fitri, juga mencoba menawar. ”Kami memproyeksikan tujuh pemain timnas merapat ke Samarinda. Jika semua diambil timnas, tentu kami rugi. Solusinya, PSSI dan BLI harus cermat mengatur jadwal pertandingan di ISL maupun Copa. Caranya, saat anak-anak di timnas, Persisam tak menjalani pertandingan,” ucap Aidil.
Jika hal itu dituruti, praktis klub yang lain meminta hal sama. Akibatnya, saat pelatnas, kompetisi terpaksa berhenti. Namun, alasan yang diajukan juga cukup kuat.
”Kepentingan negara di atas segalanya, tapi kami mengontrak pemain timnas agar Persisam bisa berprestasi. Jadi kami juga tak mau rugi karena telah merekrut pemain timnas,” sebutnya. Lagipula klub mengeluarkan uang banyak guna menggaji pemain untuk satu musim kompetisi, bukan setengahnya.
Lagipula, kualitas kompetisi tentu akan berkurang jika semua pemain timnas tak tampil dalam kompetisi. Kalaupun nekat diterapkan, kemungkinan besar klub akan mencoba menghindari mengontrak pemain timnas, terutama pada putaran I nanti.
“Jangan biarkan klub terombang-ambing. Kondisi keuangan tak begitu baik. Klub tentu sangat memperhitungkan pengeluaran,” kata H. Umuh Muhtar, wakil manajer Persib. (red/agus ef)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

KLASEMEN LIGA SUPER 2009-2010
Klub M M S K SG Nilai
PERSIBA 8 4 2 2 13-7 14
AREMA 6 4 2 0 6-1 14
PERSIWA 7 4 1 2 18-10 13
PERSELA 5 4 1 0 5-1 13
PSPS 8 3 3 2 9-8 12
PERSIJAP 5 3 2 0 6-1 11
PERSISAM 8 3 2 3 7-9 11
PERSIPURA 7 1 4 1 9-8 10
PERSEBAYA 7 4 1 2 18-18 10
PERSEMA 6 3 1 2 8-8 10
SRIWIJAYA 6 3 1 2 9-12 10
PERSIK 7 1 5 1 8-6 8
PSM 8 2 2 4 7-13 8
PERSIJA 6 2 1 3 8-9 7
BONTANG FC 8 1 3 4 9-10 6
PERSIB 6 2 0 4 5-8 6
PELITA 7 0 2 5 4-11 2
PERSITARA 7 0 1 6 4-13 1
TOP SKOR LIGA SUPER 2009-2010
Jumlah Gol Nama Pemain
6 DZUMANO HERAMAN EPANDI(PSPS)ANDI ODANG (PERSEBAYA)
4 MARTIN ZADA(PERSELA)SAKTIWAN SINAGA(PERSIK)
3 ALDO BARETTO(BONTANG)Noor Hadi(Persijap)
2 Boaz Salossa(Persipura)
7 Bambang Pamungkas(Persija)
JADWAL PUTARAN PERTAMA LSI 2009-2010
Tanggal Pertandingan Skor
14/10/09 Persik vs Persisam 0-0
17/10/09 Persik vs Bontang Fc 2-2
21/10/09 Pelita vs Persik 1-1
23/12/09 Persitara vs Persik 0-0
22/11/09 Persik vs Persiwa 3-0
25/11/09 Persik vs Persipura 2-2
29/11/09 PSPS vs Persik 1-0
02/12/09 Persija vs Persik 0-0
13/12/09 Persik vs Persiba 0-0
16/12/09 Persik vs PSM 0-0
19/12/09 Persebaya vs Persik 0-0
02/01/09 Persijap vs Persik 0-0
10/01/09 Persela vs Persik 0-0
17/01/09 Persik vs Persema 0-0
20/01/09 Persik vs Arema 0-0
23/01/09 Sriwijaya vs Persik 0-0
26/01/09 Persib vs Persik 0-0
JADWAL PUTARAN KEDUA LSI 2009-2010
Tanggal Pertandingan Skor
07/02/09 Persik vs Sriwijaya 0-0
13/02/09 Persik vs Persib 0-0
17/02/09 Arema vs Persik 0-0
21/02/09 Persema vs Persik 0-0
27/02/09 Persik vs Persijap 0-0
03/03/09 Persik vs Persela 0-0
06/03/09 Persik vs Persebaya 0-0
17/03/09 PSM vs Persik 0-0
20/03/09 Persiba vs Persik 0-0
03/04/09 Persik vs PSPS 0-0
10/04/09 Persik vs Persija 0-0
18/04/09 Persipura vs Persik 0-0
22/04/09 Persiwa vs Persik 0-0
15/05/09 Persik vs Pelita 0-0
22/05/09 Persik vs Persitara 0-0
27/05/09 Persisam vs Persik 0-0
30/05/09 Bontang vs Persik 0-0